RPP 1 LEMBAR BHS INDONESIA SMA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Wirosari
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / II (Gasal)
Materi Pokok : Menelaah teks biografi / KD 3.14
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
- Tujuan Pembelajaran
- Mengidentifikasi ciri teks biografi berdasarkan isinya;
- mengidentifikasi struktur teks biografi;
- Kegiatan Pembelajaran (Model Pembelajaran Discovery Learning)
- Pendahuluan
- Pendidik menkondisikan peserta didik dengan bertanya tentang hal umum, absensi dsb.
- Pendidik menyampaikan ilustrasi tokoh-tokoh enterpreuner (misalnya: Bob Sadino, dr. Tirta, dll).
- Pendidik memberi mendiskusikan dengan peserta didik mengapa materi teks biografi perlu dipelajari
- Kegiatan inti
- Peserta didik membaca teks biografi pada buku paket (J. Habibie dan George Saa, Si Jenius dari Papua dan Komikus Indonesia yang Mendunia, Ardian Syaf , halaman 210-223).
- Peserta didik berdiskusi menentukan karakteristik teks biografi.
- Peserta didik berkelompok (3-4 orang) menentukan struktur teks biografi B.J. Habibie).
- Salah satu kelompok menyampaikan hasil diskusi (presentasi).
- Kelompok lain menanggapi
- Kegiatan penutup
- Mengevaluasi proses dan hasil diskusi.
- Pendidik menekankan kembali akan pentingnya membaca teks biografi.
- Penilaian
- Penilaian Sikap: Observasi dalam proses pembelajaran (konsentrasi, respons, aktivitas, peran aktif, dll)
- Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis bentuk uraian
Wirosari, …. Januari 2020 | ||
Mengetahui,
Kepala Sekolah |
Pendidik Mapel |
|
|
||
………………………………………………….
NIP ………………………………… |
……………………………………………..
NIP …………………………………….. |
Lampiran
- Materi
Karakteristik Teks Biografi
Umumnya biografi menampilkan tokoh-tokoh terkenal, orang sukses, atau orang yang telah berperan besar dalam suatu hal yang menyangkut kehidupan orang banyak..
Ciri-ciri biografi berdasarkan isinya:
- Strukturnya terdiri atas orientasi, peristiwa atau permasalahan, dan reorientasi.
- Berisi informasi berdasarkan kenyataan (faktual) dalam bentuk narasi.
- Faktual berdasarkan pada pengalaman hidup seseorang yang patut diteladani.
Struktur Teks Biografi
- Orientasi atau setting (aim), berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu pendengar/pembaca. Informasi yang dimaksud berkenaan dengan ihwal siapa, kapan, di mana, dan bagaimana.
- Kejadian penting (important event, record of events), berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis, menurut urutan waktu, yang meliputi kejadian-kejadian utamayang dialami tokoh. Dalam bagian ini mungkin pula disertakan komentar-komentar pencerita pada beberapa bagiannya.
- Reorientasi, berisi komentar evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya. Bagian ini sifatnya opsional, yang mungkin ada atau tidak ada di dalam teks biografi.
- Penilaian
- SOAL
- Peserta didik membaca teks biografi pada buku paket (J. Habibie dan George Saa, Si Jenius dari Papua dan Komikus Indonesia yang Mendunia, Ardian Syaf , halaman 210-223).
- Tenentukan karakteristik teks biografi.
- Tentukan struktur teks biografi B.J. Habibie).
- PEDOMAN PENILAIAN PENGETAHUAN
- Soal nomor 2
Aspek | Skor |
Siswa menjawab dengan sangat baik | 40 |
Siswa menjawab benar dan baik | 35 |
Siswa menjawab benar dan sedang | 30 |
Siswa menjawab kurang benar | 25 |
- Soal nomor 3
Aspek | Skor |
Siswa menjawab dengan sangat baik | 60 |
Siswa menjawab benar dan baik | 50 |
Siswa menjawab benar dan sedang | 40 |
Siswa menjawab kurang benar | 30 |
- PEDOMAN PENILAIAN SIKAP
No. |
Sikap
Nama |
Jujur | Disiplin | Tanggung Jawab | Toleransi | Gotong Royong | Santun | Percaya Diri | Jumlah Skor | Nilai |
1 | ||||||||||
2 | ||||||||||
3 |
4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup baik, 1 = kurang baik
Belum ada komentar.
Tinggalkan komentar